[Review] Drama Reply 1988

Sebenarnya ragu mau nge-post ini, tapi setelah dipikir tidak ada salahnya ikut berpendapat. Saat baca pendapat di kolom komentar dan juga kicauan para netter tentang kekecewaan mereka terhadap author dan PD-nim nya. Mereka ingin suaminya si Deoksun Jungpal dan terus mempertanyakan nasibnya Jungpal. Kalau dipikir alay juga tu para viewers sampai melahirkan kubu Jungpal dan kubu Taek. Apa coba ? . Kalau bagi penulis si yang paling menyedihkan malah karakter nya Deoksun. Bukan karena love line nya, tetapi karena family live nya. Adil ga??.. aigoo… 

Sadar atau ga mau sadar kamu-kamu (termasuk author sendiri) sedang ditipu sama author nya R88. Semua yang disajikan di depan layar tv tu udah di setting. Acara macam variety show aja ada skenarionya. Apalagi drama/film. Liat aja BTS nya. Beredar interview dengan aktor R88 kalau mereka juga tidak tahu alur cerita sampai akhir karena tidak diberi tahu gamdong-nim atau semacam kicauan para netter kalau author nya sengaja merubah skenario di tengah-tengah shooting?. Logika nya si sebuah projek yang segede macam film/drama kalau sudah mau jalan itu semuanya sudah fix, termasuk property, aktor, lapangan, skenario sampai antisipasi terhadap cuaca. Semuanya sudah matang banget termasuk ending nya R88 dan juga suami si Deoksun.

Menurutku inilah keunikan budaya korea yang suka membuat teka-teki yang terkadang sulit di sadari padahal sangat nyata. Author-nim menyembunyikan alur cerita si master Taek dengan membuat karakter Jungpal untuk mengecoh para viewers dan ternyata berhasil. Semua terkecoh pemirsa. Author-nim jjang!!. Padahal kalu kita mau cerdas dan teliti sedikit dari episode awal kita sudah diberi sign tentang suami Deoksun dengan kebiasaan yang dilakukan suami Deoksun masa kini. Banyakkkkk bangettt pemirsa itu sign yang mengarah pada karakter si master Taek. Meski kadang sign nyamembingungkan juga karena mirip-mirip karakter si Jungpal.

Dari interview yang penulis kutip dari DetikHot menjelaskan bahwa banyak adegan yang Hyeri  sendiri tidak mengerti. Apa yang menyebabkan viewers masih menyayangkan ending dari drama ini juga dijelaskan Hyeri. Bagian kapan Doksun mulai mencintai Taek tidak ditunjukkan secara jelas. Itu yang menjadi titik jenuh para viewers. Awalnya penulis juga bingung sampai melempem  nyari kapan Doksun mulai menaruh perasaan kepada Taek. Ternyata dari penjelasan Hyeri menunjukkan bahwa pertama kali saat Doksun kecewa dengan Jungpal karena kemeja pink pemberiannya malah dipakai hyung nya (yang ternyata salah paham juga). Doksun pun meminta saran dari sang konselor Dongryong yang akhirnya dicerca berbagai pertanyaan yang membuat Doksun memikirkan sesuatu. Penulis mikirnya itu yang menjadi titik balik perasaannya dan berpikir mengapa selalu mengkhawatirkan Taek dan saat yang bersamaan rasa kecewanya terhadap Jungpal.

Tentang alur si Jungpal sebenarnya sudah jelas. Dia sudah merelakan Deoksun dan hanya akan menjadi cinta pertama nya. Ingat kalimat Dongryong Nyong, “kamu bisa kan menyukai seseorang tanpa harus disukai?”. Setelah itu kisahnya selesai dan diganti dengan kisah si master baduk Taek. Bagi saya itu wajar saja porsinya Jungpal sedikit karena mendekati akhir author-nim ingin menunjukkan alur sebenarnya yang menjadi tujuan dari drama ini. Tentang nasib yang belum begitu jelas tentang karakter Jungpal, penulis si nganggepnya biasa aja tu. Banyak drama yang uda aku liat dan mayoritas ending nya banyak hal yang ga dijelasin kaya nggantung gitu. So, biasa aja lah, ga perlu alay pemirsa. Ingat itu cuma akting pemirsa, dan karena R88 pula lah jadi banyak yang suka sama Junyeol oppa.

 Sekarang diambil saja nilai yang bisa dipetik. Banyak tu. Yang paling paling aku suka itu antara ragu dan optimis. Di mana pun konsep orang yang mempunyai mimpi/tujuan jika dia ragu sedikit atau lengah ataupun melakukan kesalahan sedikit akan dicuri oleh orang yang memiliki tekat yang kuat, optimis dan selalu berusaha mendapatkannya. Tapi sedikit kecewa sama author-nim. Kenapa uri Bogum-my harus babo kaya gitu siiiiii…

Ada pic favorit ni…

tvN  Reply 1988 episode 2

tvN Reply 1988 episode 2

tvN Reply 1988 episode 4
tvN  Reply 1988 episode 9
tvN  Reply 1988 episode 9
tvN  Reply 1988 episode10
tvN  Reply 1988 episode10

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JTL-My Lecon lyric and translate

Sisi lain Daehan Minguk Manse

Perempuan adalah Makhluk yang dimuliakan ALLAH