Berlawanan itu bukan musuh

Apa ya.. sadar ataupun tidak, Tuhan menciptakan semuanya itu berpasangan. Kecuali Tuhan sendiri, karena Dia Maha Ganjil. Why’s that? Iya untuk membedakan antara pencipta dan ciptaan-Nya. Berpasangan itu bagi saya berlawanan. Contohnya sendal disebut berpasangan jika ada kanan-kiri, bahkan manusia disebut berpaangan ada laki-laki dan perempuan. Dari contoh tersebut apakah dua benda itu sama?, tidak, tetapi berlawanan. Dengan berpasangan semua hal itu akan berfungsi dengan baik karena saling mengisi. Coba sendal hanya ada satu jenis, pincang kan namanya.

Semua yang di dunia ini berpasangan. Dan dari pasang-pasang itulah tercipta sebuah harmoni kehidupan yang indah. Seperti pelangi terlihat indah karena terdiri dari banyak warna. Ada langit ada bumi. Ada kiri ada kanan. Ada atas ada bawah. Ada panjang ada pendek. Ada besar ada kecil. Semuanya itu bukan musuh, tetapi pasangan yang saling mengisi.

Sebuah kotak makanan akan disebut sebagai kotak makanan karena fungsinya untuk tempat makanan. Ada wadah ada tutup dan semua memainkan peran masing-masing. Kalau Cuma tutupnya saja apanya yang disebut kotak makanan?. Kalau wadahnya saja bisa disebut kotak makanan, tetapi tetap belum sempurna. Tumpah semua isinya kalau dibawa lari. Wadah dan tutup itu tidak sama tetapi jangan dianggap rival , karena itu adakah sebuah pasangan yang saling melengkapi dengan peran dan fungsinya masing-masing sehingga dapat disebut sebagai kotak makanan secara utuh.

Semua itu memang harus berpasangan. Ada tinggi ada pendek. Ada cantik ada jelek. Ada kaya ada miskin. Ada dokter ada pasien. Ada susah ada senang. ada tangis ada tawa. Ada kelebihanada kekurangan. Ada jatuh ada bangun. Ada sukses ada gagal. Ada guru ada murid. Ada penjual ada pembeli. Coba kalau semuanya penjual, siapa yang akan membeli?. Kalau semua ingin jadi pembeli, siapa yang akan menjual?.

Seketika kita berada di tempat atau di jalan yang jauh di luar harapan, jangan pernah menyesali bahkan menyalahkan takdir. Semuanya tidak ada yang sempurna. Posisikan diri kita atau ambil peran kita secara maksimal sesuai dengan tempat tersebut. Hanya berusaha menunjukkan sesuatu yang istimewa dari kita untuk menutupi hal yang dirasa kurang. Daripada marah dan terus menyesali dengan keadaan, lebih baik do the best. Masih banyak hal yang bisa kita lakukan dan masih banyak hal yang bisa kita nikmati di hidup ini di luar hal yang terus menerus disesali itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JTL-My Lecon lyric and translate

Sisi lain Daehan Minguk Manse

Perempuan adalah Makhluk yang dimuliakan ALLAH